II. Jantung

1. Jantung 

Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah yang berfungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terletak di rongga dada agak ke kiri. Besarnya lebih kurang satu kepala tangan. Berat jantung orang dewasa sekitar 300 gram. Jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup dua daun (valvula bi1uspida1is). Katup itu menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke serambi 
ketika bilik berkontraksi untuk memompa darah keluar jantung. 
Pada perbatasan jantung dan pembuluh nadi terdapat katup dengan tiga daun berbentuk bulan sabit (valvula semilunares). Katup ini berfungsi menjaga agar darah di dalam pembuluh nadi tidak kembali ke jantung. Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup tiga daun (valvula trikuspidalis).
Dinding jantung tersusun atas otot jantung. Dinding bilik jantung (ventrikel), terutama bilik kiri, lebih tebal daripada dinding serambi jantung (atrium). Hal ini disebabkan bilik kiri harus memompa darah “bersih” ke seluruh tubuh. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Darah dapat mengalir sampai ke seluruh bagian tubuh karena otot jantung berkontraksi dengan cara mengembang atau mengempiskan bagian-bagian jantung.
Keadaan pada waktu otot bilik jantung berkontraksi disebut sistole. Akibat kontraksi ini, ruangan bilik menyempit, tekanan bilik naik, dan darah mengalir ke pembuluh nadi. Tekanan tertinggi dalam ruangan jantung sebagai akibat kontraksi otot bilik jantung disebut tekanan sistole.
Apabila otot dinding jantung mengendur (relaksasi), volume rongga jantung.membesar. Hal itu menyebabkan tekanan dalam ruang jantung mengecil sehingga darah masuk ke jantung. Tekanan terendah di dalam ruangan jantung ketika otot dinding jantung mengendur disebut tekanan diastole. 
Alat untuk mengukur tekanan darah disebut tensimeter. Adanya kontraksi dan relaksasi otot jantung menimbulkan denyut jantung dan denyut nadi. Denyut nadi dapat kita rasakan pada bagian tubuh tertentu, misalnya pergelangan tangan, lekukan tangan, pelipis, dan leher. Pada orang dewasa yang sedang beristirahat, jantung berdenyut kira-kira 70 kali tiap menit. Jantung berdenyut lebih cepat pada saat kita melakukan aktivitas, misalnya berolahraga, bahkan bisa mencapai 100 kali setiap menit.
Kesimpulan : 
• Tekanan sistole adalah tekanan tertinggi dalam ruangan jantung akibat berkontraksinya otot bilikjantung. 
• Tekanan diastole adalah tekanan terendah dalam ruangan jantung pada saat otot dinding jantung mengendur









Sumber: 
http://semuamaterisekolah.blogspot.co.id/2017/04/struktur-dan-fungsi-sistem-peredaran.html

Komentar